10 klub sepak bola dengan suporter terbanyak

10 klub sepak bola dengan suporter terbanyak - Kejayaan sebuah klub tentu berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah suporter yang selalu mendukungnya. Berikut 10 klub yang memiliki suporter terbanyak di seantero bumi. Sepak bola layak disebut sebagai salah satu olah raga pemersatu bangsa, ras, bahkan agama. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya orang yang menjadikan olah raga ini sebagai kiblat kegemarannya.

10 klub sepak bola dengan suporter terbanyak

10 klub sepak bola dengan suporter terbanyak
10 klub sepak bola dengan suporter terbanyak
Tak ayal, selain datang menonton langsung ke stadion demi memberikan dukungan klub yang menjadi idolanya, banyak orang yang terpisah jarak dan waktu tetap memberikan dukungan melalui layar kaca maupun media-media sosial. Berikut 10 klub yang memiliki suporter terbanyak di seluruh dunia.

1. Manchester United (Sekitar 354 juta orang) Jika ada yang bertanya siapa penguasa Liga Primer Inggris? Manchester United adalah jawabannya. Sukses mengoleksi 20 gelar domestik dan tiga Liga Champion, membuat Setan Merah memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Sosok Sir Alex Ferguson tidaklah dapat dipisahkan dari kesuksesan United. Namun, usai Ferguson pensiun pada tahun 2013, juara bertahan Liga Primer itu tak kunjung memberikan penampilan terbaiknya musim ini dibawah asuhan David Moyes.

2. Barcelona (Sekitr 270 juta orang) Barcelona telah menjadi salah satu kiblat sepak bola Spanyol. Kebangkitan Barca dimulai sejak musim 2004/2005 ketika saat pemain sekelas Samuel Eto'o, Ronaldinho, Thierry Henry membawa meraih gelar Liga Champions.

Kesuksesan Barcelona berlanjut di bawah asuhan pelatih Pep Guardiola. Memiliki pemain sekaliber Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez, mereka pernah menjadi salah satu klub yang ditakuti di Eropa.

Kini, klub asal Katalunya itu telah mengoleksi 22 gelar La Liga dan empat Liga Champions.

3. Real Madrid (Sekitar 174 juta orang) Sejak dulu kala, La Liga memang didominasi oleh Real Madrid. Bahkan, karena sering mendatangkan pemain-pemain bintang, klub ibi kota Spanyol itu disebut Los Galacticos.

Mengoleksi 32 gelar domestik dan sembilan gelar Liga Champions menjadikan Madrid sebagai klub tersukses di dunia. Oleh karena itu, wajar jika mereka memiliki banyak penggemar.

4. Chelsea (Sekitar 135 juta orang) Prestasinya memang belum terlalu mentereng. Sebab, Chelsea baru mengoleksi empat gelar domestik dan satu trofi Liga Champions. Namun, sejak klub diambil alih oleh taipan minyak asal Rusia, Roman Abramovic sejak Agustus 2003, The Blues menjadi klub yang memiliki catatan finansial yang tinggi.

Akibatnya, sejumlah pemain mahal berdatangan ke Stamford Bridge. Salah satunya adalah Fernando Torres yang didatangkan dengan harga 50 juta pound (970 miliar rupiah) yang membuat klub ini banyak memiliki penggemar di seluruh dunia.

5. Arsenal (Sekitar 113 juta orang) Arsenal berhasil menjadi klub yang paling konsisten di Liga Primer. Tercatat, klub asal London Utara itu mengoleksi 13 gelar domestik.

Namun, prestasinya menurun sejak tahun 2004. Karena, tak satu pun gelar mejeng di lemari trofi The Gunners sejak sembilan tahun terakhir. Meskipun demikian, klub ini menempati urutan ketiga klub Inggris yang memiliki banyak suporter di dunia.

6. AC Milan (Sekitar 99 juta orang) Untuk ukuran sepak bola Eropa, AC Milan mungkin menjadi klub paling sukses di Italia. i Rossoneri mengoleksi tujuh gelar Liga Champions yang membuat namanya dikenal di seluruh dunia.

Prestasi Milan di kompetisi domestik juga terbilang positif. Mereka berhasil mengoleksi 18 Scudetto.

7. Liverpool (Sekitar 71 juta orang) Jika ukurannya adalah kejayaan masa lalu, Liverpool tentu menjadi juaranya. Klub asal Merseyside itu berhasil mengoleksi 18 gelar teratas Inggris. Sayang, semenjak Football League First Division berganti format ke era Liga Primer, Liverpool seakan kehilangan tajinya di kompetisi domestik.

Meskipun demikian, The Reds menjadi klub Inggris tersukses di Eropa karena mengantongi lima gelar Liga Champions.

8. Inter Milan (Sekitar 49 juta orang) Inter Milan merupakan salah satu kekuatan sepak bola Italia. Catatan 18 gelar Scudetto menjadikan Inter sebagai klub yang sukses.

Sementara itu, tiga gelar Liga Champions menjadi saksi kejayaan I Nerazzurri di Benua Biru. Semenjak klub ini berganti kepemilikan ke penguasa asal Indonesia, Erick Thohir, pertumbuhan suporter Inter di Tanah Air semakin meningkat.

9. Bayern Munchen (Sekitar 24 juta orang) Jika berbicara Bundesliga, maka semua orang sepakat bahwa Bayern Munchen adalah penguasanya. FC Hollywood hingga detik ini telah mengoleksi 23 gelar.

Tak hanya dikenal jago di negaranya, Bayern juga memiliki kejayaan di sepak bola Eropa. Raihan lima gelar Liga Champions cukup menjadi bukti siapa sebenarnya The Bavarians.

10. Juventus (Sekitar 20 juta orang) Mengoleksi 29 gelar Scudetto telah menjadikan Juventus sebagai salah satu klub tersukses di Seri A. Sejumlah pemain terbaik ataupun legenda sepak bola pernah berseragam La Vecchia Signora.

Sebut saja Dino Zoff, Fabio Capello, Michel Platini, Didier Deschamps, Zinedine Zidane, Alessandro Del Piero dan lainnya. Pantas saja, klub Hitam Putih ini asal Turin ini memiliki suporter yang loyal di seluruh dunia.

Itulah 10 klub sepak bola dengan suporter terbanyak. Mana klub pilihan anda??

0 Response to "10 klub sepak bola dengan suporter terbanyak"

Posting Komentar